Kamis, 24 April 2008

LAMONGAN REBUT DUA JUARA AGROBIS

Jumat, 16 Juli 2004 14:44:10

Kabupaten Lamongan berhasil meraih juara lomba Agrobis Tanaman dan Holtikultura tingkat Propinsi Jawa Timur 2004. Keberhasilan Lamongan ini berkat kerja keras kedua kelompok taninya, yakni Kelompok Tani Margomulya desa Sekarbagus kecamatan Sugio di bidang tanaman padi dan Kelompok Tani Agrobis Perdana desa Solokuro kecamatan Solokuro di bidang tanaman jagung.
Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lamongan, Ir Djoko Purwanto MM, di kantornya ketika dihubungi Jumat (16/7) mengatakan, keberhasilan kedua kelompok tani tersebut berkat usaha para anggotanya meningkatkan produksi tanaman padi, dari produksi di bawah delapan ton/ha menjadi delapan ton/ha gabah kering giling. Sedangkan untuk tanaman jagung semula hanya mampu berproduksi dibawah enam ton/ha, kini menjadi tujuh ton/ha jagung pipilan kering. Selain itu mereka juga mampu memasarkan sendiri hasil produksinya baik di pemasaran lokal maupun di luar Lamongan.
"Dengan berhasilnya Kabupaten Lamongan meraih penghargaan ini tidak terlepas dari usaha serta motivasi yang diberikan kepada anggota kelompok tani tersebut agar terus berupaya meningkatkan usaha serta kesejahteraan para anggotanya," kata Djoko.
Keberhasilan kelompok tani Agrobis Perdana kata Djoko, mereka ini mampu berupaya memproses produksinya sendiri dari bahan hasil panen yang diproses menjadi bahan olahan seperti beras jagung, tepung jagung dan menir jagung, termasuk kemampuan mereka mengekpor sendiri.
Kata Djoko, dengan berhasilnya kedua kelompok tani tersebut, akan menjadi wakil Propinsi Jatim untuk maju ke tingkat nasional. Berdasarkan jadwal sekitar akhir Juli – Agustus mendatang akan dilaksanakan penilaian dari pusat terhadap kedua kelompok tani tersebut.
"Untuk menghadapi penilaian pusat, Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab Lamongan terus melakukan motivasi terhadap kelompok tani maupun anggotanya agar lebih maju dan menjaga keberhasilannya dalam persiapan menghadapi penilaian tingkat nasional," ujarnya.
Tanggapan Pemerintah Kabupaten Lamongan terhadap kedua kelompok tani tersebut, Djoko mengatakan, Bupati Lamongan, Masfuk sangat bangga atas prestasi yang diraih kedua kelompok tani tersebut. Prestasi itu penting sebagai motivasi bagi para petani lainnya di Lamongan untuk bekerja tidak hanya meningkatkan produksi, tetapi juga memikirkan soal pemasaran sesuai kebijakan pemerintah kabupaten dan ini merupakan bentuk pengakuan dari pihak luar, walau Sumber Daya Alam (SDA) kabupaten Lamongan rendah, akan tetapi produktivitas masyarakatnya sangat tinggi. *(abd)

Tidak ada komentar: